Ads Top

Mengapa Pemrograman Python? - Seri 1 Belajar Python




Mengenal  python!

Langsung saja, karena programmer tidak suka bertele-tele, lebih baik konten singkat tapi membekas ketimbang banyak tapi membuat kalian boring.
Well, then why python wajib untuk programmer? Jawabannya ya karena pemrograman ini sangat powerful. Lah kok bisa? Read this. 

1. Python memiliki syntax yang simple dan elegan sehingga mudah kamu pahami.
          It doesn’t matter, mau kamu pemula atau expert dalam pemrograman, python sangat mudah untuk dipelajari dan dipahami. Tidak seperti bahasa pemrograman umumnya, python memiliki syntax yang sangat simple nan elegan, mengapa? Perhatikan contoh syntax pemrograman umumnya pada gambar dibawah.


Figure 1. Contoh Syntax Java Access Web – Crunchify.com

Bandingkan dengan gambar dibawah ini.

Figure 2 Contoh Syntax Python Access Web - Slideshare.net

Well, now you see. yang kalian butuh untuk ingat-ingat didalam otak biasanya cuma indent dan titik dua, gak mumet, gak ada lagi tuh kesalahan titik dua dibelakang atau definisi tipe-tipe variabel yang harus didefinisikan diawal, so simple. 
          Sehingga dengan kemudahan syntax ini python dapat dengan mudah kalian kuasai asal kalian tetap membawa dua kunci utama kesuksesan, niat dan tetap istiqomah.

2. Python bersifat open-source juga memiliki banyak library dan developer yang bisa membantu mewujudkan imajinasimu.
          Seperti linux dan php, python memiliki repository-nya sendiri. Puluhan ribu bahkan mungkin jutaan developer/lover python saling berkontribusi dalam mengembangkan library pada repository ini. Library python ini baik resmi maupun tidak akan sangat membantu dalam melakukan pemrograman. Library tersebut dapat kalian cari dan install dengan mudah menggunakan program bawaan python, yaitu pip atau easy_install yang semuanya dapat kalian akses langsung lewat CMD Windows atau Terminal Linux.
          Tidak hanya itu, apabila kalian mengalami kesusahan dalam melakukan coding atau ada error pada python maka tidak perlu takut, solusinya tinggal search atau posting di stackoverflow.com, disanalah para programmer menikmati kehidupannya.

3. Python diterapkan di berbagai bidang teknologi membuat skripsi menjadi semakin mudah.
       
a. Image Processing – mau bikin face or shape recognition untuk skripsi, atau mau jadi ahli digital forensik, tinggal pelajari library Opencv dengan python. 
  
b. Machine Learning – mau bikin sistem rekomendasi, klasifikasi, deteksi atau bikin game kaya akinator? kuasai library Sklearn dengan python.
         
c. Web Development – Pengen jadi anti-mainstream kaya website google dan amazon, mumet sama syntax dan fungsi PHP, pengen jadi front-end dan back-end sekaligus, cobain aja library Flask pada python. 
        
d. Android Development – udah putus asa keliling-keliling cari tutorial android gak memuaskan, puyeng ngeliat pemrograman java yang super extreme, cobain aja library Kivy pada python.

e. GUI Development – pengen bisa bikin interface kaya Microsoft word, photoshop, matlab, dan aplikasi desktop lainnya. Kuasai library Tkinter pada python

f. Raspberry Pi Project – pengen bikin robot, atau bikin alat untuk kehidupan sehari-hari, atau bikin tool hacking portable supaya bisa iseng, python bisa banget bantu wujudkan imajinasimu dengan library RPi pada python.

g. Hacking, exploitation, and security – udah bosen jadi script kiddie yang kerjanya cuma menggunakan tool hacking atau tunggu update database hack terbaru? ga asik banget, buat tool hacking-mu sendiri. Pelajari buku Violent Python.

h. Data and Science Analysis – bosen sama excel, pengen jadi scientist atau analis anti main-stream. Coba berinteraksi dengan library Anaconda pada python.

i. and so forth! I can always write it down.

Well then, tiga alasan diatas saya rasa sudah cukup untuk menggambarkan how amazing python, pemrograman yang sangat powerful seperti filosofi namanya. Dan kamu harus tahu bahwa pemrograman semacam python diciptakan oleh Guido Van Rossum pada tahun 1990 hanya karena iseng ia sedang bambung ga ada kerjaan saat liburan musim seminya, sekarang ia bekerja menjadi salah satu developer Google.  Well that is something, right?       
Diberdayakan oleh Blogger.