Ads Top

Bagaimana Cara Kerja Internet ? - situskoding.blogspot.co.id

bagaimana cara kerja internet - situskoding.blogspot.co.id


Bagaimana  cara  kerja  internet?

Sekarang hampir 80 persen dari kehidupan kita dihabiskan dengan mengakses internet. Kebutuhan kita akan informasi dan hiburan ditambah akses yang semakin mudah dan cepat membuat internet menjadi pemain yang tak pernah ketinggalan dalam hidup kita. Namun tidak banyak dari kita yang masih awam dengan proses-proses yang terjadi ketika anda mengakses internet. Berikut adalah paparan tentang internet yang semoga bermanfaat. 

Apa itu internet?

Secara umum ada begitu banyak definisi tentang internet, namun pada intinya internet adalah suatu istilah yang berupa kumpulan dari jutaan komputer yang saling terhubung dengan kabel atau wireless diseluruh dunia. Dengan internet kita dapat terhubung dengan orang dimanapun dan kapanpun. Seperti saat kita melakukan videocall, chatting, browsing, dsb. 


Bagaimana  internet  bekerja?

Proses yang terjadi didalam jaringan internet sangat panjang dan kompleks, namun secara singkat, proses tersebut mula-mula berawal dari router / switch / hub dirumah anda yang terhubung dengan ISP (Internet Service Provider), biasanya Indie Home, Biznet, Dsb. ISP tersebut ternyata juga telah terhubung dengan ISP lainnya yang lebih besar, proses yang terjadi terus seperti demikian sampai ke paling atas yang disebut dengan Tier 1 Networks, seperti AT&T, ICSS, dsb. Tier 1 Networks ini masing-masing juga saling terhubung sehingga layaknya jaringan LAN pada warnet, mereka semua saling terhubung sehingga memungkinkan terjadinya akses data didalam jaringan tersebut dari yang paling atas sampai yang paling bawah (router internet rumah anda). Perhatikan gambar dibawah.

bagaimana cara kerja internet - situskoding.blogspot.co.id
Ilustrasi Jaringan Tier Pada Internet - Wikipedia
Lantas bagaimana data-data pada internet itu bisa saling berkomunikasi? Disinilah fungsi protokol pada internet yaitu mengatur komunikasi yang terjadi di internet. Protokol yang umumnya digunakan adalah TCP / IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol), dimana protokol ini mengacu pada sebuah model yang membagi proses komunikasi menjadi tujuh bagian, disebut juga dengan OSI Model.

Secara singkat, ketika anda mengakses sebuah website maka yang terjadi adalah mula-mula anda melakukan request kepada webserver (facebook, twitter, blog, dsb). Request tersebut akan diproses ke DNS Server yang berfungsi mengubah domain (facebook, dsb) menjadi angka IP address domain (mengapa? mudahnya karena protokolnya maunya begitu). Setelah itu request anda akan dikirimkan ke IP address milik domain yang anda tuju.


Ilustrasi Komunikasi Data Pada Internet - HowStuffWorks.com




Setelah request anda sampai ke webserver, maka akan diproses dan dijawab oleh webserver berupa kumpulan data seperti kode-kode javascript, html, css, image dsb. Data ini dikirimkan ke komputer anda dalam bentuk paket-paket data, sehingga tidak langsung dikirim satu file, melainkan dipecah-pecah sehingga lebih aman dan cepat. Data-data yang berada pada jaringan tersebut akan melewati puluhan rute sebelum sampai ke komputer anda. Kemudian setelah paket-paket data semua terkumpul maka akan disatukan menjadi satu file data. Dan akhirnya data tersebut muncul di layar browser laptop anda.      


Istilah -istilah umum  pada internet

Ada begitu banyak istilah pada internet, berikut adalah istilah umum yang sering anda temukan.

1. Paket Data adalah berupa pecahan-pecahan data yang berasal dari suatu file utuh ketika dikirimkan melalui internet.

2. Bandwidth adalah banyaknya data yang dapat atau sedang atau telah dikirimkan pada jaringan internet.

3. IP Address adalah kumpulan angka yang merupakan alamat dari komputer yang terhubung pada jaringan internet.

4. Router/Switch/Hub adalah alat yang mengatur rute data-data yang terjaid pada jaringan internet. Secara singkat router memiliki kemampuan yang lebih baik dari switch dan begitu pula switch memiliki kemampuan yang juga lebih baik dari hub.

5. DNS adalah Domain Name System sebuah standard untuk mengubah nama domain menjadi IP Address.








Diberdayakan oleh Blogger.