Ads Top

Apa itu Bitcoins? Penjelasan Lengkap Bitcoins Dari Fungsi Sampai Cara Mendapatkan

Penjelasan Lengkap Bitcoins Dari Fungsi Sampai Cara Mendapatkan

Apa itu Bitcoins? Penjelasan Lengkap Bitcoins Dari Fungsi Sampai Cara Mendapatkan

Anda mungkin sering mendengar istilah bitcoin ketika menjelajahi deep web atau sedang berbelanja online, akan tetapi anda mungkin belum begitu paham tentang apa sebenarnya bitcoin.

Dalam postingan kali ini, kita akan mencoba mengidentifikasi pertanyaan-pertanyaan umum tentang Bitcoins yang semoga dapat memberikan pemahaman yang jelas kepada anda tentang apa itu bitcoins.

Seperti, apa yang dapat dilakukan bitcoins dan bagaimana Anda dapat menggunakannya untuk membeli produk atau layanan online.

1. Apa itu Bitcoins?


apa itu bitcoin

Bitcoin adalah mata uang virtual atau mata uang digital yang secara umum bekerja seperti uang nyata, bedanya bitcoin itu hanya ada pada dunia digital dan dihasilkan oleh sebuah software yang tidak ada yang memiliki akses terhadapnya, termasuk pemiliknya.

Harga dari bitcoin kurang lebih sama dengan harga mata uang di dunia nyata, mereka terus berfluktuasi, tergantung pada persetujuan orang-orang dalam jaringan Bitcoins.

2. Siapa Pencipta Bitcoins?

pencipta bitcoins

Ide Bitcoin ini (banyak orang bilang) digagas oleh Satoshi Nakamoto, seorang sosok yang misterius (anonymous).

Pada bulan Mei 2008, dia membagikan sebuah kertas putih yang menjelaskan tentang Bitcoin, sebuah mata uang digital (cryptocurrency) peer-to-peer.

Tanpa menjelaskan siapa pembuat dokumen tersebut, Satoshi menuliskan bagaimana mata uang tersebut bekerja, yaitu bitcoins akan 'ditambang' oleh sebuah software, ditransfer langsung antara pengguna, dan dicatat dalam buku besar yang tidak bisa diakses oleh pihak manapun (termasuk penciptanya).

Salah satu hal mengapa bitcoin ini begitu menarik adalah anonimitas Satoshi Nakamoto yang terkenal sebagai orang yang penuh tindakan tanpa pamrih.

Banyak orang yang mencoba untuk mengidentifikasi siapa dia, namun tetap kemisteriusannya belum bisa terungkap hingga sekarang.

Salah satu orang yang mengklaim bahwa dialah Satoshi Nakamoto adalah pengusaha Australia Craig Wright.

Beberapa orang percaya klaimnya dan beberapa tidak. Namun hal tersebut tidaklah penting karena bitcoin tetaplah menjadi jawaranya dalam mata uang digital berkat kelebihannya yang tidak ada satu orang pun yang bisa mengendalikannya.

3. Apa yang istimewa dari bitcoin?

yang istimewa dari bitcoin

Yang special adalah Bitcoin tidak memerlukan pihak ketiga dalam transaksinya.

Sebagai contoh, ketika Anda melakukan pembayaran Online secara internasional biasanya anda menggunakan jasa Visa, yang merupakan perusahaan besar penyedia jasa pembayaran secara internasional.

Sedangkan transaksi bitcoin terjadi secara langsung antara kedua pihak tanpa perlu menggunakan perusahaan besar penyedia jasa pembayaran internasional.

Bitcoin bekerja hanya dengan menggunakan sebuah software yang pada hakikatnya merupakan catatan dari seluruh transaksi yang terjadi pada bitcoin.

Catatan ini dikenal dengan istilah bitcoin blockchain yang dapat diakses secara public pada domain blockchain.info.

Catatan ini membuat transaksi bitcoin selalu valid, sehingga setiap transaksi selalu terekam.

Selain itu, Bitcoin juga diprogram agar tidak bisa diduplikasi, hal ini membuat transaksi menjadi lebih aman.

4. Bitcoin adalah mata uang terdesentralisasi

Maksudnya adalah tidak ada satupun pemerintahan, individu, ataupun kelompok yang memegang otoritas terhadap bitcoin.

Hal ini membuat bitcoin dapat digunakan dimana saja asalkan kedua pihak sepakat melakukan transaksi menggunakan bitcoins.

Mata uang Desentralisasi adalah konsep yang sangat menarik, mirip dengan internet, ia tidak terbatas dari batas-batas geografis, hal ini juga yang menyebabkan bitcoins dikenal dengan sebutan mata uang internet.

5. Apa saja kegunaan Bitcoins?

kegunaan Bitcoins

Bitcoin dapat digunakan untuk belanja, mirip dengan uang.

Beberapa orang juga menggunakannya untuk tujuan investasi, ada juga yang lebih memilih untuk menggunakannya sebagai metode dalam pembayaran internasional.

Bitcoin disimpan dalam “dompet Bitcoin” (Bitcoin Wallet). Ada banyak jenis dompet bitcoin, seperti dompet desktop, dompet mobile, dompet online / berbasis web, dompet hardware dan bahkan dompet kertas.

Tunggu Artikelnya untuk membaca lebih lanjut tentang penyimpanan bitcoin.

6. Berapa banyak orang yang menggunakan bitcoin?

Belum ada kepastian mengenai jumlah orang yang menggunakan Bitcoin.

Salah satu cara untuk mengukur jumlah pengguna bitcoin adalah dengan mengukur jumlah dompet bitcoin.

Menurut CoinDesk (salah satu web besar Bitcoin ) dan laporan Blockchain 2016, dompet bitcoin sudah mencapai 12.770.000 pada akhir tahun 2015.

Meskipun banyak pengguna bitcoin memiliki lebih dari satu dompet, dari sini terindikasi bahwa jumlah pengguna bitcoin terus meningkat.

7. Bagaimana cara mendapatkan Bitcoins?


Ada tiga cara untuk mendapatkan Bitcoins:

1. Menambang Bitcoins

Pertambangan Bitcoin legal dengan menggunakan Hardware khusus, semakin cepat proses hashing untuk menghasilkan bitcoin maka semakin besar pula keuntungan Anda. 

Namun perlu diketahui untuk melakukan penambangan bitcoin dibutuhkan software, hardware, dan perawatan khusus sehingga membutuhkan biaya yang cukup besar. 

simak video berikut tentang menambang bitcoins.


        
2. Membeli Bitcoins

Anda dapat membeli Bitcoins dari banyak bursa online. Ada lebih banyak pilihan dibandingkan sebelumnya - ada pertukaran bitcoin global dan juga pertukaran bitcoin negara tertentu. Anda juga dapat membelinya dari orang lain melalui Localbitcoins.

3. Bekerja untuk Bitcoins

Anda bisa mengunjungi website seperti XBT Freelancer dsb yang menerima pembayaran dalam bentuk Bitcoins.

 

8. Bagaimana cara mengirim / menerima / menghabiskan Bitcoins?

Dompet Bitcoin dilengkapi dengan alamat, sehingga Anda bisa melakukan transaksi menggunakan alamat tersebut.

Alamat ini mirip dengan alamat email, hanya pada Bitcoin berupa alfanumerik, sekitar 27-34 karakter.

Banyak penyedia layanan bitcoin memiliki interface yang user-friendly membuat pengguna dapat mengakses bitcoin mereka seperti mengirim dan menerima Bitcoins.

Untuk mengirim Bitcoins, pengguna hanya perlu memastikan alamat yang dituju dengan alamat dompet bitcoin mereka kemudian tinggal tekan kirim. 

Biasanya ada sedikit biaya penambang untuk memproses transaksi - biaya ini diberikan sebagai insentif bagi para penambang Bitcoin untuk menjaga peralatan bitcoin mining mereka.

Transaksi Bitcoin biasanya kurang dari satu jam, tetapi bisa saja lebih lama atau lebih pendek tergantung pada jumlah biaya dan penyedia layanan bitcoin.

Anda dapat menghabiskan bitcoin dimana saja asalkan tempat tersebut menerima pembayaran menggunakan bitcoin. 

Anda juga dapat menggunakan kartu bitcoin debit Visa / Mastercard-linked yang diterbitkan oleh perusahaan seperti Wirex atau Coinbase.

 

9.  Adakah Kekurangan Bitcoins? 

Jawaban ini sangat relatif, apabila anda bertanya pada developer / programmer maka mereka mungkin akan berpendapat bahwa bitcoin sudah tidak up-to-date (usang), dibandingkan dengan beberapa jaringan cryptocurrency lainnya yang baru tersedia.

Akan tetapi secara umum kekurangan bitcoin adalah Membutuhkan Keamanan Digital Yang Ekstra.

Bitcoin dapat dicuri dalam banyak cara, hal ini tentu saja wajar karena memang dalam teknologi digital hal tersebut selalu mungkin terjadi, sama seperti hacking dan security yang tidak akan pernah ada habisnya.

10. Hukum Islam Terhadap Bitcoins? 

Berdasarkan website pengusaha muslim, Syaikhul Islam mengatakan,
Ulama berkata, “Uang adalah suatu benda yang disepakati oleh para penggunanya sebagai (alat tukar), sekalipun terbuat dari sepotong batu atau kayu”. (Majmu’ Fatawa, 19/251).
Kesimpulannya, hingga titik ini, penggunaan bitcoin secara hukum syariah dibolehkan, tidak ada sisi pelanggarannya, selama itu dimiliki secara legal dan bukan melalui pembajakan atau penipuan.

Aturan Pembelian Bitcoin

Bitcoin statusnya mata uang. Karena itu, membeli bitcoin, hakekatnya menukar uang dengan uang. Orang yang membeli bitcoin dengan rupiah, hakekatnya dia menukar rupiah dengan bitcoin. Menurut informasi, saat ini, harga 1 bitcoin (BTC) = Rp 7.950.500; atau 1 BTC = $ 611.95;
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memberi aturan untuk transaksi uang dengan uang, Jika emas dibarter dengan emas, perak ditukar dengan perak, kuantitasnya harus sama dan tunai… Jika benda yang dibarterkan berbeda maka takarannya boleh sesuka hati kalian asalkan tunai. (HR. Muslim 4147)

Dalam hadist ini ada 2 aturan cara penukaran mata uang,
[1] Jika tukar menukar itu dilakukan untuk barang yang sejenis, wajib sama kuantitas dan tunai. Misalnya: emas dengan emas, rupiah dengan rupiah, qiyasnya BTC dengan BTC.

[2] Jika barter dilakukan antar barang yang berbeda, namun masih satu kelompok, syaratnya wajib tunai. Misal: Emas dengan perak, rupiah dengan dolar. Termasuk rupiah dengan BTC.
Karena itu, ketika ada orang yang beli bitcoin, atau jual bitcoin, di tempat transaksi keduanya harus ada. Uang ada, bitcoin ada. Tidak boleh ada yang tertunda. 
Jika tertunda, melanggar larangan riba nasiah. Begitu konsumen transfer rupiah, di saat yang sama penyedia bitcoin harus mengirim BTC untuknya.

Penutup

Bitcoin adalah mata uang yang dapat digunakan dimana saja selama kesepakatan terjadi diantara kedua pihak. Meskipun mata uang ini sangat rentan dengan pencurian, mata uang ini bisa disetujui oleh para ulama akan kehalalannya dan bisa menjadi solusi pembayaran tanpa menggunakan Visa.


Apa pendapat Anda tentang Bitcoin? Sampaikan pendapat Anda pada bagian komentar di bawah ini.

Jangan lupa untuk share, like, dan follow situs sosial kami untuk dapat info menarik terbaru.


Sumber:


Diberdayakan oleh Blogger.